Minggu, 29 Januari 2012

Hubungan internasional indonesia dengan korea melalui program beasiswa



Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, Indonesia dan Korea melakukan suatu kerjasama dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Korea.
Beberapa program beasiswa diturunkan dari beberapa lembaga dan universitas di Korea. Ada pula yang diturunkan oleh Kedutaan Besar Korea di Indonesia.
Program beasiswa ini tentunya membantu para siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, khususnya Korea. Program yang ditawarkan biasanya beasiswa S1, S2, hingga S3. Namun, ada pula program beasiswa belajar bahasa Korea.
Program ini memang tidak banyak karena biasanya belajar bahasa Korea akan didapatkan oleh siswa atau mahasiswa yang mendapat beasiswa S1, S2, dan S3.
Jadi, siswa atau mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut akan belajar bahasa Korea terlebih dahulu selama satu tahun atau waktu yang ditentukan tergantung lembaga yang menurunkan beasiswa tersebut.
Untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan studi di korea, seseorang harus selalu update dengan informasi terbaru. Dari Kedutaan Besar Korea biasanya mengeluarkan program beasiswa satu tahun sekali.
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda dapat mencarinya melaluiinternet. Selain itu, banyaknya jumlah orang yang mencari beasiswa membuat seseorang harus tetap gigih mencoba kesempatan yang ada.
Program beasiswa belajar bahasa Korea dikeluarkan oleh beberapa universitas di Korea. Ada program yang khusus ditujukan kepada orang-orang keturunan Korea yang belum pernah ke Korea dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan orang Korea, seperti suami-istri.
Jadi, apabila Anda memiliki orangtua yang berasal dari Korea dan Anda belum pernah ke Korea, Anda bisa mengikuti program beasiswa tersebut. Apabila suami Anda atau istri Anda orang Korea, Anda dapat mengikuti program beasiswa tersebut. Program beasiswa ini dikeluarkan oleh universitas-universitas terkenal di Korea.
Program beasiswa belajar bahasa Korea lainnya juga dikeluarkan oleh beberapa universitas lain. Salah satunya adalah Geumgang University. Universitasnya tidak terlalu jauh dari Seoul, kira-kira 2 jam perjalanan. Universitas ini menawarkan program beasiswa belajar bahasa Korea selama tiga bulan.
Dalam waktu satu tahun, dibuka dua kelas pada musim semi dan musim gugur. Salah satu fasilitas yang ditawarkan berupa kamar asrama. Penerima beasiswa akan berbagi kamar dengan mahasiswa universitas tersebut. Untuk mengetahui informasi program tersebut lebih lanjut, Anda dapat mencarinya melalui internet.
Banyaknya program beasiswa yang ditawarkan membuka peluang bagi orang Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa, untuk meneruskanstudi mereka di Korea.
Hal ini juga bermanfaat untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Korea. Selain pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berkesempatan belajar di Korea, mahasiswa Korea pun berkesempatan meneruskan studi mereka di Indonesia.
Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada sudah menjadi universitas yang sering dikunjungi mahasiswa Korea. Selain pertukaran mahasiswa, mereka juga mengikuti program belajar bahasa Indonesia selama beberapa semester.
Biasanya mahasiswa yang mengikuti program tersebut adalah mahasiswa yang memilih jurusan sastra Indonesia di kampusnya. Jurusan sastra Indonesia yang ada di beberapa universitas Korea menunjukkan pula bahwa masyarakat Korea, khususnya mahasiswa 
Korea, tertarik untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia.


RIKA~~

2 komentar:

  1. saya tadi buka fesbuknya KTO Indonesia.. ada bukaan beasiswa dari Korea nih... coba aja buka fesbuknyaa.. nih linknya: http://www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice

    BalasHapus