TK atau youchien (幼稚園)bertujuan untuk mengasuh (保育) anak-anak usia dini, memberikan lingkungan yang layak bagi perkembangan jiwa anak.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam artikel no 78 dijelaskan tata caranya :
1. Merancang pendidikan yang mengembangkan fungsi tubuh dan jiwa secara harmoni melalui pembiasaan pola hidup yang sehat, aman dan menyenangkan.
2. Menumbuhkan semangat kemandirian, kehidupan berkelompok yang penuh kegembiraan dan kerjasama.
3. Mengenalkan kehidupan sosial dan membina kemampuan bersosialisasi
4. Mengarahkan penggunaan bahasa dengan benar serta menumbuhkan minat berkomunikasi dengan sesamanya.
5. Mengarahkan minat untuk berkreasi melalui pembelajaran musik, permainan, menggambar dan lain-lain.
TK mengintrepretasikan tujuan tersebut dalam silabus pembelajaran yang saya pikir hampir sama di setiap sekolah. Berikut saya jelaskan apa yang dipelajari anak-anak TK di Sono Youchien, Iwakura, Aichi Prefecturte. Kepala Sekolah, Ibu Ando memberikan saya (setelah merengek) copy- jam belajar sehari.
Nama Kelas | Momiji 2 | Umur : ….th | TTD Kepsek | TTD Guru | |||||
Senin, 12-6-2006 | Cuaca | Nama Guru | |||||||
Pesan Mingguan | Udara cerah, bermain di luar. Jika hujan, kegiatan dilakukan di dalam kelas, Latihan gerak dengan musik yang menyenangkan, Menumbuhkan minat kepada tsuyu (梅雨)( = musim hujan, di bulan Juni, sebagian wilayah Jepang hujan-red) | ||||||||
Pesan Harian | Guru memberi contoh yang baik, anak yang enggan bermain harus disemangati | ||||||||
Tujuan exercise hari ini | |||||||||
Jam | Kegiatan | Lingkungan dan Kondisi Murid | Pesan/Tindakan Guru | ||||||
8.50 | masuk kelas | Taruh barang di loker, kemudian duduk di bangku | Ucapkan [Selamat Pagi] dg wajah gembira. Periksa keadaan murid satu per satu sambil menanyakan kabar masing-masing anak | ||||||
9.05 | Pengenalan exercise hari ini Absen | Ucapan salam di pagi hari, lagu dan absensi. Kartu absen diisi | Sambil mengabsen, menanyakan perubahan kondisi anak | ||||||
9.15 | Break ke toilet | Latihan cara buang air sendiri, cebok, dan mencuci tangan dengan sabun | Memeriksa apakah tatacaranya sudah benar, membenarkan yang salah | ||||||
9.20 | Menyanyi | Ada anak yang menyanyi dengan semangat, ada juga yang loyo | Sambil memperhatikan keadaan anak satu per satu, mainkan piano sesuai dengan kemampuan anak, juga ajarkan anak untuk menyesuaikan dengan suara temannya (intinya bikin paduan suara yang bagus-red) | ||||||
9.45 | Senam pagi | senam di halaman sekolah | |||||||
10.00 | Masuk kelas Copot kaus kaki | Kaus kaki dicopot, disatukan dan masukkan dalam loker | Perhatikan apakah siswa mencopot kaus kaki dengan benar dan melipatnya/menggulungnya dengan benar. Berikan bantuan jika anak belum bisa melakukannya dengan baik | ||||||
10.20 | Ritmik | Ada anak yang semangat ada yang lemes | Dengarkan ucapan Fujikawa sensei (guru ritmik yg memainkan piano-didatangkan khusus-red), dengarkan dengan baik nada yang muncul dan bimbing anak untuk mengikutinya | ||||||
10.45 | Bermain | Pakai topi merah, bermain di luar kelas/di kebun/halaman sekolah | Ikuti dan amati anak-anak yang bermain kalau bisa arahkan, bantu mereka dalam bermain | ||||||
11.45 | Alat bermain dirapikan, masuk kelas, bersiap makan | cuci tangan dan ugai (memasukkan air ke tenggorokan tapi tidak ditelan, untuk mencegah batuk/pilek-red) sebelum masuk kelas, yang mau ke toilet dipersilahkan. Masuk ke kelas dan mengeluarkan bento (bekal) masing2 | Periksa perlengkapan makan anak | ||||||
12.00 | Makan siang | Cara duduk untuk makan yang benar apakah perlengkapan makan anak lengkap, jika ada yang lupa bawa sendok atau sumpit, siapkan | Perhatikan cara makan, ajari cara menggunakan sumpit, sendok atau garpu. Usahakan acara makan pun menyenangkan | ||||||
12.40 | Gosok gigi | Gosok gigi di luar kelas, di seputar kran air (letaknya di lantai 1 dengan bentuk melingkar-red) | Perhatikan dan ajari cara menggosok gigi yang benar | ||||||
13.00 | Game | Bermain permainan tradisional atau modern. Ada anak yang berminat ada yang tidak | Perhatikan kemampuan anak dalam bekerjasama, tumbuhkan rasa percaya diri anak yang malu-malu | ||||||
13.30 | Bermain di luar | ||||||||
14.00 | Berkumpul, bersiap untuk pulang | Cuci tangan, ugai ,pipis bersiap untuk pulang | Ucapkan [Besok pun harus bersemangat ke sekolah] dengan gembira dan bersemangat | ||||||
14.25 | Menyanyi lagu salam perpisahan | Menyanyi dengan gembira, tenang dalam berbaris. Baris per kelas di depan sekolah | Antarkan kepulangan mereka dengan senyum, gembira dan ucapan-ucapan yang menyemangati | ||||||
15.00 | Pulang | ||||||||
Begitulah, senangnya belajar di TK (^_^)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar